Tidak dapat dipungkiri, insiden kebakaran bisa terjadi dimana saja dan dapat menimpa siapapun. Namun, setiap orang bisa mengantisipasi dan mewaspadai terjadinya kebakaran, entah itu terjadi di area permukiman maupun kendaraan sekalipun.

Untuk berjaga-jaga seandainya terjadi kebakaran secara tidak terduga, biasanya gedung perkantoran, pertokoan dan rumah telah menyiapkan alat pemadam api ringan (APAR) di dalam ruangan atau di tempat khusus. Lalu bagaimana jika terjadi kebakaran pada mobil? Langkah apa yang bisa dilakukan untuk memadamkan api?

Saat melihat adanya kobaran api ataupun percikan api sekalipun, pasti kita reflek akan menyiramkan air di bagian yang terbakar tersebut. Tetapi jika saat itu kita tidak memiliki cukup air untuk memadamkannya, maka api belum tentu bisa di padamkan. Dengan demikian, guna lebih cepat tanggap saat terjadinya kebakaran, maka disarankan setiap mobil menyediakan APAR di dalamnya.

Diketahui, di tahun 2021 mendatang, akan ada regulasi mengenai setiap mobil baru wajib dilengkapi dengan APAR. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan keselamatan berkendara dan mencegah terjadinya kecelakaan dan kebakaran pada kendaraan bermotor.

“Sudah selesai dibahas, rencananya nanti di awal tahun depan akan dimulai. Saya lupa tepatnya kapan, yang pasti antara Januari atau Februari 2021,” ucap Pandu Yunianto, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kemenhub kepada Kompas.com, Selasa (6/10/2020).

Lebih jelasnya mengenai peraturan tersebut, dapat langsung dilihat di Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Darat  Nomor KP.972/AJ.502/DRJD/2020 Tentang Fasilitas Tanggap Darurat Kendaraan Bermotor yang ditetapkan pada 18 Februari 2020 lalu, Pasal 2 Ayat 2 yang berbunyi, “Kendaraan Bermotor untuk kategori M1, N1, N2, N3, 01, 02, 03, 04 untuk mobil penumpang mobil barang landasan mobil penumpang barang wajib dilengkapi Fasilitas Tanggap Darurat berupa alat pemadam api ringan.”

Selanjutnya, dimana tempat yang ideal untuk menyimpan APAR di dalam mobil? APAR biasanya disimpan di tempat yang mudah ditemukan dan terjangkau oleh pengendara maupun penumpang sekalipun. Di bawah jok, laci dashboard dan bagasi adalah tempat paling ideal untuk meletakan APAR.  Ukuran APAR yang ideal untuk disimpan di mobil juga jangan terlalu besar, cukup yang 1 kilogram saja.