Saat ini banyak yang mempercayai bahwa angin nitrogen jauh lebih baik dibandingkan dengan angin biasa. Angin nitrogen diketahui memiliki kualitas angin yang baik untuk kesehatan ban, namun disarankan untuk tetap rutin mengecek tekanan angin paling tidak seminggu sekali. Hal itu disarankan agar ketahanan dan performa ban tetap maksimal saat digunakan. Tidak hanya itu, menjaga kesehatan ban juga dapat memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Lalu jika ada yang mengklaim bahwa menggunakan angin nitrogen dapat membuat bensin menjadi lebih irit dibandingkan dengan menggunakan angin biasa, apakah benar? Berikut penjelasan sederhana yang diambil dari berbagai sumber.

Fakta tentang Angin Nitrogen

Sebenarnya hingga sampai saat ini belum ada sumber yang benar-benar mematenkan perihal angin nitrogen membuat lebih irit penggunakaan bensin.  Namun banyak yang mengasumsikan, jika ban yang menggunakan angin nitrogen membuat perputarannya lebih ringan dan tenaga mesin yang dikeluarkan juga menjadi lebih ringan. Jika tenaga mesin yang dikeluarkan lebih ringan maka kemungkinan besar bensin yang dikeluarkan pun lebih irit. Tetapi sayangnya, asumsi tersebut tidak bisa sepenuhnya dibenarkan karena belum ada penelitiannya lebih lanjut. Karena di sisi lain, angin nitrogen juga memiliki kekurangan seperti saat musim hujan tiba atau seringnya melintasi kubangan air. Karakter air yang bisa menyerap nitrogen membuat angin nitrogen pada ban akan mudah habis. Jika demikian, maka ban akan kempis dan mesin harus bekerja lebih keras lagi jika angin pada ban menurun. Bukan tidak mungkin bensin juga akan terasa lebih boros karena mesin bekerja lebih ekstra.

Hal penting lain yang harus diperhatikan saat mengisi angin pada ban adalah jangan mencampurkan dua jenis angin dalam satu ban, contohnya mencampurkan nitrogen dengan angin biasa.  Mengapa demikian? Karena dua angin yang berbeda tersebut justru tidak baik untuk kesehatan ban yang digunakan. Terkecuali dalam keadaan terdesak, dimana kita tidak menemukan angin nitrogen. Lalu setelahnya jika kita menemukan tempat pengisian angin nitrogen, sebaiknya diusahakan untuk segera menguras atau mengosongkan angin pada ban yang telah tercampur dua jenis angin yang berbeda tersebut dengan satu jenis angin saja, misalnya hanya menggunakan angin nitrogen saja.