Mengganti oli pada kendaraan seperti sepeda motor dan mobil memang sebuah kegiatan rutin yang harus dilakukan. Hal itu karena oli atau pelumas bertugas untuk merawat mesin agar performanya tetap optimal dan maksimal. Pergantian oli pada mobil biasanya dilakukan rata-rata 10.000 kilometer sekali. Tapi jika kita merupakan pengguna mobil lawas atau ingin menggunakan mobil lawas maka perhatian terhadap pergantian oli wajib lebih ketat lagi. Lalu apakah benar jika mobil lawas memiliki waktu pergantian oli yang lebih rutin dan lebih cepat dibandingkan mobil berusia muda? Berikut penjelasan sederhananya.

Mobil dikatakan lawas biasanya jika sudah berusia lebih dari 10 tahun dan tentunya butuh perawatan ekstra dari pemiliknya. Salah satu perhatian lebih yang harus dilakukan oleh pemilik mobil tua adalah mengganti oli. Mengganti oli pada mobil lawas dilakukan lebih cepat dan rutin yakni setiap 5000 kilometer sekali. Selain itu, kekentalan oli untuk mobil lawas pun berbeda, yakni lebih kental. Hal itu disebabkan karena komponen pada mobil tua sudah banyak yang uzur jadi membutuhkan pelumasan yang lebih ekstra. Adanya perbedaan dari karakter mesin dan material pada mobil lawas dan mobil zaman now juga menjadi alasannya. Salah satu komponen yang sudah berubah bentuk dan menurun performanya adalah seperti karet seal pada mobil.

Alasan lain juga diungkapkan oleh Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, “Periode penggantian oli berbeda karena pada saat itu kan teknologi pembuatan mesin belum sepresisi seperti sekarang dan oli mesin belum sebagus sekarang. Kalau sekarang bisa sampai 10.000 kilometer, karena pelumasnya juga lebih bagus,” ungkapnya kepada Kompas.com (11/10/2020).

Hal penting selanjutnya yang wajib diperhatikan pada mobil lawas yakni mengganti ban mobil yang dapat membantu menunjang kenyamanan berkendara. Ban pada kendaraan adalah salah satu bagian vital yang diandalkan sebagai penunjang performa sebuah kendaraan. Ban mobil sendiri rata-rata sudah masuk masa aus yakni setiap 40.000 sampai dengan 50.000 kilometer. Apabila ban mobil sudah aus, maka wajib diganti dengan yang baru, bukan malah memaksakan untuk terus menggunakan apalagi sampai mendaur ulang alur ban tersebut. Terpenting, usahakan mengganti ban sebelum masuk masa keausan demi menjaga kenyamanan dan keselamatan berkendara, apalagi pada mobil lawas yang memang harus diberikan perhatian lebih. Jika mobil lawas ingin terus memiliki kenyamanan saat dikendarai, maka pastikan menggunakan ban yang memiliki performa apik di segala medan. Ban Maxxis adalah pilihan tepat untuk semua jenis varian mobil. Ban Maxxis telah dinobatkan sebagai ban yang paling direkomendasikan musim panas 2020 oleh Lembaga Penelitan TCS Swiss dan juga versi majalah otomotif asal Jerman yaitu Ace Magazine. Telah teruji kualitasnya, ban Maxxis sangat dapat dipercaya.