Saat masuk musim kemarau, teriknya sinaran dan panas matahari akan sangat begitu terasa, bahkan dapat mempengaruhi makhluk hidup yang ada di bumi. Tidak hanya pada makhluk hidup, cuaca panas juga dapat memberikan dampak negatif pada benda mati seperti beberapa komponen pada motor berikut ini. Untuk para bikers, yuk perhatikan komponen apa saja yang harus diberikan perhatian lebih saat cuaca panas melanda bumi kita.

  1. Tekanan angin pada ban

Saat ban terkena suhu panas maka tekanan angin pada ban akan berubah. Apalagi jika para bikers hobi berkendara di siang hari, entah untuk sekedar berjalan-jalan maupun melakukan aktifitas harian. Jika demikian, maka sebaiknya para bikers mulai melakukan pengecekan tekanan angin rutin paling tidak satu minggu sekali. Tidak hanya itu, jangan lupa untuk menggunakan tekanan angin standar agar performa ban lebih optimal dan ban lebih berumur panjang.

  1. Ban

Hindari parkir motor dengan kondisi terbuka alias langsung terkena sinar matahari yang terik. Karena hal tersebut dapat mempengaruhi tekstur atau bentuk dari ban itu sendiri. Ban yang sering terkena panas apalagi terparkir di tempat yang terbuka maka dapat berubah menjadi retak-retak, bahkan bentuknya pun akan berubah. Tidak hanya itu, ban juga akan menjadi lebih keras.

  1. Rantai Motor

Bila sering berkendara di siang hari atau sering memarkir motor di ruangan terbuka, maka hati-hati jika pelumas pada rantai motor akan jadi cepat kering. Jika rantai motor kering maka akan berpengaruh pada performa yang dihadirkan oleh motor tersebut.

  1. Body Motor

Jika belum mengetahui kenapa warna cat pada body motor lama kelamaan kualitas warnanya akan pudar, maka salah satu jawabannya adalah karena terlalu sering terkena teriknya cuaca panas. Jika demikian, maka rutinlah mencuci motor dengan sampo khusus motor guna menjaga warna pada body motor.

  1. Bearing Roda atau Laher

Jika intensitas penggunaan motor tinggi apalagi saat cuaca panas maka pelumas yang ada pada bearing atau laher lambat laun akan berubah menjadi keras, karena memuainya dua komponen tersebut. Jika terjadi seperti ini maka pemilik kendaraan cukup mengganti seal serta memberikan pelumas pada bagian roda-roda bearing.