Mengemudikan kendaraan roda  empat atau mobil memang harus ekstra hati-hati. Tidak hanya saat berkendara di jalan raya, saat mengemudi di permukiman penduduk atau perumahan pun tetap harus berhati-hati bahkan wajib menambahkan kehati-hatian. Mengapa demikian? Karena saat berkendara di permukiman, maka blind spot atau titik buta akan lebih banyak ditemukan dan tentunya banyak anak-anak bermain dengan teman sebayanya di dalam perumahan. Lebih dari itu, tantangan lain yang ditemukan saat berkendara di permukiman adalah menemukan kendaraan keluar masuk dari gang secara tiba-tiba serta banyak ditemukan polisi tidur.

Bila demikian, apa yang harus dilakukan saat tengah berkendara di dalam permukiman?  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat merugikan diri sendiri dan tentunya orang lain.

  1. Mengatur kecepatan

Saat berada di permukiman atau di perumahan sebaiknya setiap pengemudi kendaraan roda empat maupun roda dua bisa menanamkan kesadaran untuk tidak melaju dengan kecepatan tinggi. Mengatur laju kendaraan sangatlah penting, mengingat jalanan di perumahan tidak seluas jalan raya.

  1. Menggunakan klakson dengan bijak

Ketika berkendara di permukiman warga apalagi padat penduduk, sebaiknya bunyikan klakson pendek sebagai isyarat atau tanda bagi pengendara lain saat hendak berbelok guna menghindari tabrakan dengan kendaraan dari arah berlawanan. Namun sangat penting diketahui, karena biasanya di dalam permukiman banyak ditemukan tempat ibadah maka saat melewati rumah ibadah dan rumah warga yang sedang mengadakan acara, sebaiknya tidak membunyikan klakson yang dapat mengganggu kebisingan dan suasana di dalamnya.

  1. Persiapkan intuisi dan feeling berkendara

Memiliki intuisi dan feeling saat berkendara di jalan raya maupun di area permukiman sangatlah dibutuhkan. Pengemudi professional sekalipun tidak hanya sekedar mengandalkan pengalaman saja, namun juga intuisi dan feeling saat berkendara. Feeling dan intuisi saat berkendara sangat dibutuhkan apalagi saat berbelok, parkir, melintasi jalanan yang sempit dan juga saat berpapasan dengan kendaraan lain di kondisi jalan yang secukupnya.

Selain ketiga hal di atas, ada satu hal lagi yang harus diperhatikan saat berkendara di permukiman maupun di jalan raya, yakni ban yang digunakan pada mobil tersebut. Performa sebuah ban sangat mempengaruhi kenyamanan, keamanan dan keselamatan berkendara. Pastikan ban yang digunakan memiliki kestabilan yang baik dan tangguh ketika melintasi jalanan yang basah maupun kering, sehingga tidak terjadi slip saat melintasi jalanan permukiman sekalipun.