Menggunakan sarung tangan saat berkendara dengan sepeda motor sesungguhnya adalah hal yang wajib karena merupakan salah satu perlengkapan aman berkendara. Seperti diketahui, sarung tangan sendiri berfungsi untuk melindungin tangan dari cuaca panas di siang hari dan udara dingin di malam hari saat berkendara. Lebih dari itu juga, sebagai pelindung agar tangan tidak terluka akibat goresan maupun benturan. Tetapi penggunaan sarung tangan tidak bisa asal sembarangan, para pengendara wajib teliti memilih sarung tangan yang akan digunakannya. Hal itu bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan proteksi bagi pengguna.

Berikut adalah hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli sarung tangan:

  1. Pilih model sarung tangan yang sesuai

Sarung tangan motor yang sering dijumpai di jalan ada dua jenis yakni jenis full dan half. Setiap pengendara pasti memiliki selera yang beragam. Jika ingin yang tidak mudah gerah, bisa menggunakan yang half saja. Tetapi sangat disarankan lebih baik menggunakan yang full karena mampu melindungi tangan lebih baik.

  1. Pilih ukuran yang sesuai

Menggunakan sarung tangan yang sesuai dengan ukuran tangan kita sangat disarankan. Jangan sampai kita menggunakan sarung tangan yang kekecilan dan kebesaran karena dapat mengganggu kenyamanan dan fleksibilitas saat berkendara. Selain itu juga, sarung tangan tidak akan memproteksi tangan dengan maksimal.

  1. Memilih bahan yang sesuai selera

Pada umumnya, sarung tangan yang banyak digunakan oleh para pengendara yakni seperti kulit, gore-tex, hingga neoprene. Jenis-jenis bahan yang digunakan setiap sarung tangan pastinya memiliki keunggulan tersendiri. Tinggal bagaimana kita sebagai pengguna menyesuaikan sarung tangan yang akan kita gunakan dengan cuaca ataupun jenis perjalanan yang akan kita tempuh. Jangan sampai salah memilih bahan atau material pada sarung tangan dapat mempengaruhi kenyamanan kita saat berkendara.

  1. Perhatikan jahitan pada sarung tangan

Teliti melihat jahitan yang ada pada sarung tangan juga sangat disarankan. Kenapa demikan? Karena jahitan yang tidak rapih dapat mempengaruhi fungsi dari sarung tangan itu sendiri. Sarung tangan akan tidak maksimal melindungi tangan kita dari gesekan/goresan benda dari luar. Bahkan bukan tidak mungkin, benang akibat jahitan yang tidak rapih justru malah melukai tangan kita. Tidak hanya itu saja, kenyamanan berkendara pun turut tidak maksimal.

  1. Perhatikan bantalan pada sarung tangan

Pada sarung tangan motor yang semestinya, pasti disematkan bantalan pada sisi bawah dan atas guna memberi proteksi pada tangan secara maksimal dari getaran dan tentunya dari benturan serta goresan yang dapat melukai. Pastikan sebelum membeli sarungan dapat melihat dengan teliti perlindungan yang ada pada sarung tangan tersebut.

  1. Perhatikan kualitas dan harga dari sarung tangan

Hal terakhir yang wajib diperhatikan adalah kualitas dan harga dari sarung tangan yang akan dibeli. Tidak dapat dipungkiri, ada harga ada kualitas. Artinya, kualitas yang bagus maka akan memiliki harga yang tinggi ataupun sebaliknya, harga yang tinggi pasti karena ada kualitas yang baik untuk ditawarkan.

Pada intinya pastikan membeli sarung tangan sesuai kebutuhan dan kemampuan ekonomi kita. Hindari membeli sarung tangan yang mahal dan bermerk hanya demi mengincar gengsi di depan orang lain.