Perhatikan Kualitas dari Kampas Rem Motor Anda!

Jangan pernah coba-coba mengabaikan keberadaan dari sebuah kampas rem. Karena kepakeman dari sebuah rem saat menggigit, tergantung dari kampas rem yang kita gunakan. Pastikan apakah kampas rem tersebut memiliki kualitas yang baik dan kondisi yang masih layak atau tidak. Karena saat ini, sudah banyak toko-toko dan bengkel-bengkel yang menjual spare part kendaraan dengan kualitas non-original atau banyak dikenal dengan kualitas KW. Tetapi bukan berarti semua toko-toko dan bengkel-bengkel di pinggir jalan tidak menjual barang asli, tentu saja ada  sebagian dari mereka yang menjual spare part asli. Selain itu, kesadaran pemilik kendaraan terhadap kondisi kelayakan kampas rem pun wajib ditanamkan demi kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Sekarang kita akan membahas mengenai dampak dari menggunakan kampas rem KW pada sepeda motor. Berikut penjelasannya.

  1. Pada kampas rem KW tingkat kepakemannya tidak sebaik kampas rem asli. Mengapa demikian? Karena kualitas dari kampas rem KW pasti tidak sebaik kampas rem asli. Jadi jangan heran kalau rem tiba-tiba tidak menggigit dengan baik atau bahkan blong.
  2. Tingkat ketahanan dan keawetan kampas rem asli jauh lebih baik daripada kampas rem KW. Jadi jangan kaget jika kampas KW lebih cepat habis dan buru-buru ingin diganti yang baru.
  3. Kampas rem KW akan mengeluarkan bunyi yang mengganggu ketika pengendara melakukan pengereman.
  4. Kampas rem KW dapat merusak disc break karena karakter dari kampas rem KW yang keras tidak seempuk yang asli. Penting diketahui, kampas rem asli bentuknya menyesuaikan disc break itu sendiri. Jika seperti ini, bukan tidak mungkin tingkat kenyamanan dan keamanan berkendara akan terganggu serta dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.

Selanjutnya, bagaimana cara kita mengetahui perbedaan dari kampas rem ori dan KW? Berikut perbedan yang bisa kita perhatikan.

  1. Harga lebih ekonomis Kampas rem KW memiliki harga yang lebih ekonomis dibandingkan dengan harga kampas rem asli atau bawaan pabrik. Memiliki harga yang jauh lebih ekonomis juga dikarenakan kualitas yang ditawarkan pun tidak sebaik yang asli.
  2. Kampas rem KW tidak memiliki kode produksi. Jika kita teliti, pada kampas rem asli terdapat kode produksi dari kampas rem tersebut. Letak kode produksinya sendiri ada di bagian belakang.
  3. Tekstur kampas rem asli lebih empuk dibandingkan yang KW. Ketika kita ragu dengan kampas rem yang kita beli, kita bisa menekan bagian kampas dengan tangan kita dan merasakannya sendiri. Tekstur dari kampas rem asli lebih empuk dibandingkan dengan yang KW.
  4. Material yang digunakan kampas rem KW adalah asbes dan memiliki warna lebih cerah. Sedangkan kampas rem asli tidak terbuat dari asbes serta warnanya lebih gelap dan terlihat berpori.
  5. Performa yang diberikan kampas rem KW jelas tidak semenggigit kampas rem asli. Tingkat kepakeman saat pengereman sangat berbeda jauh antara yang asli dan yang KW.