Menyalakan lampu saat berkendara di malam hari merupakan sebuah kewajiban dan kebutuhan demi menerangi perjalanan selama berkendara. Karena lampu pada setiap kendaraan memiliki peranan yang penting. Namun siapa sangka, ada lampu yang haram dinyalakan terus menerus sepanjang perjalanan sekalipun pada malam hari. Lampu yang dimaksud adalah lampu jauh, khususnya untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Penggunaan lampu jauh pada mobil pribadi maupun mobil bermuatan besar memang tidak bisa sembarangan. Lampu jauh hanya boleh digunakan pada saat-saat tertentu saja. Lalu kapan penggunaan lampu jauh yang tepat? Berikut penjelasan sederhananya yang diambil dari berbagai sumber.

Penggunaan lampu jauh sendiri sebenarnya kondisional, namun tidak bisa terus menerus dinyalakan. Lampu jauh dapat digunakan saat kita membutuhkan penerangan cahaya lebih dikarenakan minimnya jarak pandang. Namun saat ada kendaraan lain atau cahaya lain yang datang dari arah berlawanan, sebaiknya lampu jauh tersebut diganti dengan lampu dekat. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan lain dan tentunya diri kita sendiri. Penting diketahui, banyak terjadi kecelakaan di jalan akibat minimnya kesadaran pengendara mengenai penggunaan dari lampu jauh. Banyak pengguna jalan yang kehilangan jarak pandang bahkan fokus saat tersorot langsung dengan lampu jauh, khususnya lampu jauh dari kendaraan roda empat atau lebih yang sangat terang.

Memang mengenai aturan penggunaan lampu jauh sendiri tidak diatur secara resmi dalam undang-undang. Namun, setiap pengendara wajib memahami tentang penggunaan lampu jauh dan etika berkendara. Karena etika berkendara yang baik dan benar dapat berdampak pada kenyamanan dan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Selanjutnya, mari membahas mengenai fungsi lain dari lampu jauh. Selain sebagai penambah penerangan ketika berkendara di jalan yang gelap, lampu jauh juga bisa berfungsi sebagai isyarat. Ketika ingin mendahului kendaraan lain, maka kita dapat menggunakan lampu jauh. Namun jika sebagai isyarat, gunakan lampu jauh seperti hanya mengedipkannya sesaat saja dan bisa diselingi dengan bunyi klakson untuk lebih menekankan ke pengendara lain. Biasanya ketika diberikan isyarat seperti itu, pengendara lain juga turut meresponnya.

Sedikit informasi saja, pada setiap mobil sendiri terdapat beberapa jenis lampu, diantaranya yakni lampu utama, lampu kabut, lampu senja, lampu rem, hingga lampu jauh. Jenis-jenis lampu tersebut pun memiliki fungsinya sendiri.