Setelah rehat selama lima bulan lamanya akibat wabah virus Corona yang melanda hampir seluruh belahan dunia, akhirnya MXGP 2020 kembali digelar. Putaran ketiga MXGP 2020 resmi dihelat di sirkuit Kegums, Latvia. Sirkuti yang berjarak 50 kilometer dari ibukota Riga ini memiliki karakteristik lintasan berpasir dan berubah-ubah. Karakteristik dari sirkuit Kegums sendiri sangat cocok dengan karakter dari ban Maxxis Maxxcross MX-ST dan MX-SM. Sebab, kedua tipe ban Maxxis tersebut dinilai sangat mumpuni untuk membantu para pembalap meraih hasil maksimal di putaran ketiga ini.  Bagaimana tidak, pemilihan ban Maxxis Maxxcross MX-ST untuk roda depan dan MX-SM untuk roda belakang pada putaran ketiga ini pun datang langsung dari pihak Maxxis Racing Service.

Benar saja, angin segar pun hadir dari pembalap yang disponsori oleh Maxxis. Pembalap muda Mattia Guandagnini meraih hasil positif. Pembalap muda dari tim Husqvarna Maddii Racing ini berhasil menampilkan performa yang fantastis  di EMX 250. Mattia Guandagnini yang juga merupakan juara bertahan EMX125 sukses  menorehkan hasil positif dengan finish di posisi kedua pada putaran ketiga ini. Kemenangan tersebut menjadikan raihan poin dari Mattia Guandagnini  bertambah dan menempatkannya di posisi ketiga klasemen. Hingga sampai putaran ketiga, Mattia Guandagnini hanya terpaut 11 poin dari pemimpin klasemen.

Sedangkan hasil kurang memuaskan diraih oleh pemimpin puncak klasemen EMX 125 saat ini yaitu Liam Everts. Pembalap yang disponsori Maxxis itu harus puas finish di posisi ke-18 pada putaran ke tiga MXGP 2020 di Latvia. Terlepas dari hasil kurang memuaskan Liam Everts, Maxxis tire tetap mendominasi kompetisi ini. Hasil memuaskan lain datang dari Ruben Fernandez. Pembalap muda yang juga disponsori oleh Maxxis itu meraih hasil positif di MX2. Mencatatkan performa yang mengagumkan, menempatkan Ruben Fernandez di posisi keempat. Tidak hanya itu saja, Ruben Fernandez yang juga merupakan pembalap dari tim Yamaha SD Corse juga sukses melakukan 2 start yang luar biasa. Kemampuan luar biasa dari pembalap bernama lengkap Ruben Fernandez Garcia ini turut membuktikan kualitas traksi dari ban Maxxis MX-SM di tanah lunak. Sebelumnya, pada putaran pertama, pembalap berkewarganegaraan Spanyol itu finish di posisi ketiga, lalu pada putaran kedua ia berada di posisi ketujuh dengan beberapa kali terjatuh.

Berbicara mengenai kecelakaan, pada putaran ketiga ini ada beberapa accident yang tidak dapat terhindarkan. Salah satunya seperti yang dialami pembalap asal Norwegia, Kevin Horgmo. Pembalap tersebut terpaksa harus meninggalkan balapan karena bahunya terkilir. Tidak hanya itu, nasib naas juga menimpa Brian Bogers. Pembalap dari tim Marchetti itu mengalami kecelakaan dan berdampak pada tulang rusuknya. Sangat disayangkan, kecelakaan tersebut mempengaruhi performa Brian Bogers saat menunggangi KTM miliknya. Namun walau demikian, Brian Bogers yang juga disponsori oleh Maxxis tetap menyelesaikan balapannya. Pada putaran pertama, Brian Bogers finish di posisi ke-18 dan pada putaran kedua ia finish di posisi ke 13. Dengan demikian, hasil tersebut membuat dirinya berada di bawah posisi Michele Cervellin yang juga disponsori oleh Maxxis.

Sedikit informasi penting, putaran keempat kejuaraan dunia akan berlangsung kembali di sirkuit Kegums pada tanggal 11 dan 12 Agustus mendatang.