Musim hujan telah tiba, hampir seluruh wilayah Jabodetabek diguyur hujan setiap harinya. Apalagi di awal tahun 2020, sebagian wilayah Jakarta dan Bekasi dilanda banjir yang mengkhawatirkan. Banyak barang-barang berharga yang turut terendam banjir. Beberapa barang berharga yang terendam banjir yakni motor dan mobil. Banyak warga yang menjadi korban banjir tidak sempat bahkan tidak mampu melindungi kendaraan pribadi mereka.

Banjir kini surut namun intensitas turunnya hujan masih terbilang tinggi. Guna mengantisipasi kendaraan agar tidak mogok di jalan, alangkah baiknya pengendara atau pemilik motor memberikan perhatian lebih untuk sepeda motor kesayangannya. Apalagi jika aktifitas sehari-hari selalu mengandalkan sepeda motor. Berikut beberapa komponen motor yang wajib diperhatikan selama musim hujan.

  1. Cop Busi: Cop Busi memiliki fungsi penting pada motor yang juga harus diperhatikan saat musim hujan. Fungsi dari komponen ini adalah sebagai penghantar arus dari coil ke busi. Cop busi sendiri ada yang terbuat dari logam atau besi biasa dan juga berbahan tembaga. Bahan tembaga dinilai lebih baik sebagai penghantar arus listrik.
  2. Kampas Rem: Kampas rem berada tepat di dekat roda. Jika saat medan jalan dalam keadaan hujan dan tergenang air, bagian kampas rem akan terciprat air yang bercampur pasir dan lumpur. Apabila pemilik motor tidak segera membersihkan kampas rem maka akan menimbulkan bunyi pada bagian tersebut saat roda berputar. Tidak hanya itu, akan lebih berbahaya jika kotoran yang menempel pada kampas rem harus bergesekan dengan piringan cakram. Hal tersebut mampu merusak piringan cakram secara perlahan.
  3. Rantai Motor: Rantai pada motor memiliki pelumas. Namun apabila rantai yang dilindungi pelumas terkena air hujan secara terus menerus maka akan membuat rantai jadi berkarat. Untuk itu rutinlah memberikan pelumas pada rantai agar tidak timbul karatan. Rantai yang telah berkarat akan sulit dibersihkan. Dengan demikian, pemilik motor harus menggantinya dengan rantai yang baru. Rantai motor memiliki fungsi yang penting yakni, meneruskan putaran mesin dari counter shaft transmisi ke roda belakang melalui gear atau sprocket, sehingga roda belakang berputar dan mendorong laju kendaraan.
  4. Komponen Logam: Komponen logam yang ada pada motor hendaklah dibersihkan karena bagian tersebut mudah berkarat jika sering terkena air hujan yang bercampur lumpur dan pasir. Kandungan garam pada air hujan dapat menyebabkan korosi dan karat pada bagian logam yang terdapat pada sepeda motor.
  5. Mesin: Lumpur dan Pasir yang terbawa air hujan lalu menempel pada mesin motor dapat menyulitkan mesin dalam melepas panas secara normal. Dengan demikian mesin motor akan bekerja secara tidak optimal. Tidak hanya itu saja, motor akan mengalami over heat jika di sisi-sisi radiator terdapat kotoran berlebih yang menempel. Asupan udara yang terhambat mengakhibatkan terjadinya hal tersebut.
  6. Suspensi: pada motor memiliki peran penting. Kenyamanan berkendara juga ditimbulkan dari suspensi. Bila suspensi kotor akibat terkena air hujan yang tercampur pasir dan lumpur maka segeralah dibersihkan. Pada suspense terdapat pelumas yang menempel. Jika pelumas itu larut terkena air hujan maka akan mengakibatkan suspensi menjadi kering. Hal tersebut yang nantinya membuat suspensi tidak bekerja secara optimal.
  7. Ban: Komponen pada motor yang berbahan dasar utama karet ini wajib diperhatikan lebih. Bagaimana caranya? Perhatikanlah tekanan angin pada ban dan sesuaikan dengan batas normalnya. Ban yang memiliki tekanan angin yang sesuai standar mampu menjaga keawetan pada ban itu sendiri. Lalu jangan biarkan ban melaju dengan kecapatan di luar batas normalnya dan juga jangan biarkan ban mengangkut beban berat yang berlebihan atau di luar kapasitas standarnya. Memiliki kenyamanan dan keamanan berkendara adalah keinginan para pengendara motor. Untuk itu gunakanlah ban berkualitas tinggi dengan performa apik, seperti ban Maxxis. Ban Maxxis yang sudah teruji ketahanan dan performanya, sangat cocok digunakan di Indonesia. Mampu melibas medan basah maupun kering, Maxxis merupakan pilihan terbaik. Tidak hanya untuk perjalanan harian, ban Maxxis juga dapat diandalkan untuk berkompetisi. Sebut saja Rudy Poa. Pemotor trail professional ini menggunakan ban Maxxis tipe M7304 dan M7305 saat berkompetisi di Asian Cross Country Rally 2019 di Thailand dan Myanmar.