Menyetir mobil saat ini tidak hanya dilakukan oleh kaum pria saja, kaum wanita pun banyak yang sudah sangat apik mengemudikan mobil. Wanita dari beragam latarbelakang seperti sosialita, pelajar, mahasiswa, ibu rumahtangga hingga pedagang telah banyak mengandalkan mobil pribadi sebagai moda transportasi utama. Sedikit informasi tambahan, saat ini sudah marak wanita menjadi driver taksi online.

Kebanyakan mobil yang banyak diminati oleh kaum wanita saat ini adalah mobil bertransmisi metik karena dinilai lebih mudah dan praktis. Tidak hanya itu, mobil metik pun dinilai lebih modern dan banyak model pilihannya. Digandrunginya mobil metik oleh kaum wanita bukan berarti wanita tidak bisa mengemudikan mobil bertransmisi manual loh ya! Masih ada juga wanita yang mengemudikan mobil bertransmisi manual.

Mahirnya wanita mengemudikan mobil bukan berarti mereka paham betul mengenai berkendara yang aman di jalan seperti apa. Salah satu contoh kesalahan sederhana yang masih dilakukan oleh wanita adalah menyetir mobil dengan menggunakan high heels. Kenapa berkendara menggunakan high heels berbahaya?

Ketika berkendara menggunakan alas kaki seperti high heels maka dapat mengurangi ‘feel’ pengendara saat berkemudi khususnya saat menginjak pedal gas, rem dan kopling. Fleksibelitas dan gerak kaki juga tidak leluasa, sehingga ketika ingin melakukan pengereman  apalagi secara mendadak maka responnya akan terganggu. Jika demikian maka dapat membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Untuk itu sangat disarankan sebaiknya membawa alas kaki cadangan di dalam mobil seperti flat shoes. Selain lebih nyaman, flat shoes juga lebih responsif dan fleksibel untuk menggerakan kaki-kaki di atas pedal gas, rem dan kopling.