Ban motor berubah menjadi tidak nyaman saat terlalu lama terparkir, hati-hati mungkin telah terjadi flat spots pada ban tersebut. Jika terjadi flat spots maka ban akan berubah menjadi keras di bagian tertentu, motor pun menjadi tidak nyaman saat dikendarai karena laju motor akan meliuk-liuk. Flat spots akan mudah muncul apabila ban motor terlalu lama bersentuhan langsung dengan ubin dan tidak melakukan rotasi apapun. Ban yang terlalu lama menopang berat dengan posisi yang sama, apalagi permukaan ban bersentuhan langsung dengan ubin maka bentuk asli dari ban pun akan berubah.

Lalu, apa saja yang terjadi jika ban motor mengalami flat spots? Berikut jawabannya. Ban tidak hanya menjadi keras dan membuat laju kendaraan menjadi meliuk-liuk, tekanan angin pada ban pun akan berkurang dengan sendirinya. Walaupun sebaiknya kita wajib rutin mengecek tekanan angin pada ban paling tidak seminggu sekali dan harus dipastikan tekanan angin yang digunakan sesuai dengan standar anjuran pabrik.Sebelum membahas lebih lanjut mengenai flat spots, apakah kita sudah mengetahui berapa tekanan angin standar yang baik digunakan untuk ban depan dan belakang? Untuk ban depan sebaiknya menggunakan tekanan angin 28-30 psi dan 33-34 psi untuk ban bagian belakang.

Jangan sampai kita meremehkan anjuran standar tekanan angin pada ban, sebab dampaknya bisa kemana-mana. Jika menggunakan tekanan angin tidak pada standarnya maka akan membuat ban cepat aus, retak-retak, botak secara tidak merata dan membuat ban menjadi lebih tidak awet. Jika tetap memaksakan hal-hal tersebut, maka kenyamanan dan keamanan berkendara pun berkurang. Kejadian seperti ban pecah dan sobek saat diperjalanan pun tidak terhindarkan. Bahkan fatalnya, bukan tidak mungkin akan terjadi kecelakaan yang merugikan diri sendiri maupun orang lain.
Lanjut ke topik utama, lalu bagaimana menghindari flat Spots pada ban motor kesayangan kita? Berikut hal-hal sederhana yang dapat kita lakukan.

  1.  Tidak memarkir kendaraan terlalu lama apalagi bersentuhan langsung dengan ubin. Jika diparkir di atas ubin, sebaiknya bagian roda dialasi kain atau kardus agar bagian tapak ban tidak langsung menyentuh ubin.
  2. Panaskan mesin motor paling tidak 3-5 menit sehari
  3. Bawa kendaraan berkeliling komplek atau sekitaran rumah agar ban melakukan rotasi
  4. Pastikan tekanan angin normal sesuai dengan standarnya
  5. Gunakan standar tengah jika ingin memarkir ban dalam waktu lama
  6. Cerdas memilih ban yang berkualitas. Pemilihan ban untuk penggunaan sehari-hari juga sangatlah penting. Ketahanan dan keawetan dari sebuah ban menjadi salah satu faktor agar ban tidak mudah mengalami flat spots.

Menggunakan ban yang berkualitas dan telah teruji tentu saja pilihan terbaiknya adalah ban MAXXIS. Beberapa lembaga penelitian bertaraf internasional pun telah menobatkan ban MAXXIS sebagai ban paling recommended. Memiliki performa yang apik dan ketahanan yang mumpuni, ban MAXXIS sangat cocok jadi pilihan utama di segala jenis perjalanan.