Belum lama ini, virus menakutkan yang telah menyerang ribuan orang hampir di seluruh belahan dunia akhirnya sampai di Indonesia. Coronavirus atau Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Tiongkok, telah banyak merenggut nyawa manusia. Namun, banyak juga yang akhirnya bisa sembuh dari ganasnya Coronavirus. Terhitung hingga tanggal 16 Maret 2020 ada 134 kasus Coronavirus di Indonesia. Data tersebut diambil dari data resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI). Lalu bagaimana dengan Coronavirus di negara lain? Berikut beberapa data yang dapat dirangkum.

10 daftar negara di dunia yang warganya banyak terkena Coronavirus yakni (Diambil dari Kompas.com edisi 15 Maret 2020):

  1. Tiongkok. Negara tirai bambu tersebut adalah negara  terbanyak yang warganya terkena Coronavirus. Bahkan Covid-19 pertama kali muncul di negara tersebut tepatnya Kota Wuhan pada akhir Desember 2019 lalu. Tercatat ada 80.976 kasus Coronavirus di Tiongkok dengan lebih dari 3.100 jumlah kematian.
  2. Italia. Negara yang terkenal dengan Pizza-nya ini menjadi negara kedua yang warganya paling banyak terjangkit Coronavirus. Diperkirakan ada 21.157 kasus Coronavirus dan 1441 jumlah kematian.
  3. Iran. Negara Timur Tengah yang letaknya di Asia Barat Daya ini menjadi negara ketiga dengan jumlah kasus Coronavirus terbanyak. Tercatat, setidaknya ada 12.729 kasus dan 611 jumlah kematian.
  4. Korea Selatan. Negeri Gingseng yang terkenal dengan K-Popnya tersebut juga menjadi negara teratas yang memiliki kasus Coronavirus. Tercata sekiranya ada 8.086 kasus dan 72 kematian.
  5. Spanyol. Negeri Matador yang juga terkenal dengan sepakbolanya ini juga memiliki kasus Coronavirus yang terbilang tinggi. Tercatat 6.391 kasus dan 195 jumlah kematian.
  6. Jerman. Negara yang memiliki pusat kota di Berlin ini ternyata memiliki kasus Coronavirus yang patut diperhatikan. Tercatat ada 4585 kasus dan 9 jumlah kematian.
  7. Prancis. Negara yang terkenal dengan menara Eiffel memiliki jumlah kasus Coronavirus sebanyak 4.480 kasus dan 91 jumlah kematian.
  8. Amerika Serikat. Setidaknya tercatat ada 2.726 kasus dan 21 jumlah kematian di negara yang dipimpin oleh Donald Trump ini.
  9. Swiss. Negara yang terkenal dengan Pegunungan Alpen ini ternyata juga memiliki kasus Coronavirus terbanyak di dunia. Tercatat sekiranya ada 1.359 kasus dan 13 jumlah kematian di Swiss.
  10. Inggris. Negeri Ratu Elizabeth yang juga terkenal dengan nama United Kingdom memiliki jumlah kasus Coronavirus sebanyak 1.143 kasus dan 21 jumlah kematian.

Lalu apa saja ciri-ciri  seseorang telah terjangkit Coronavirus?

  1. Suhu tubuh berada di atas 38 drajat celcius
  2. Batuk
  3. Sakit tenggorokan
  4. Pilek
  5. Sesak nafas

Guna mengurangi penyebaran Coronavirus, apa saja hal-hal sederhana yang harus dilakukan?

  1. Mencuci tangan dengan benar. Menggunakan sabun ataupun sedia hand senitizer jika sedang berada di luar rumah.
  2. Menggunakan masker
  3. Menjaga daya tahan tubuh
  4. Tidak berpergian ke negara-negara yang terjangkit Coronavirus
  5. Menghindari kontak dengan hewan yang berpotensi menularkan coronavirus
  6. Menjaga kebersihan lingkungan