Musim hujan tiba, hampir seluruh wilayah di Indonesia diguyur hujan setiap hari. Intensitas hujan yang terbilang masih tinggi, mengharuskan setiap orang untuk mempersiapkan peralatan guna menghadapi turunnya hujan diperjalanan. Misal saja seperti payung untuk pejalan kaki dan jas hujan untuk pengendara motor. Namun tahukah kita saat musim hujan datang, pengendara motor dan mobil wajib  berwaspada lebih? Karena pengendara motor dan mobil bisa saja mengalami Hydroplaning/Aquaplaning saat berkendara. Berikut penjelasan mengenai Hydroplaning/Aquaplaning.

Hydroplaning/Aquaplaning adalah kondisi dimana ban kendaraan tidak dapat membelah air yang tergenang di jalan, sehingga ban tidak menyentuh bagian jalan tetapi ban justru berjalan di atas permukaan air. Jika mengalami hal seperti ini, kendaraan akan sulit dikendarai. Lalu bagaimana cara mengantisipasinya? Ikuti langkah berikut ini.

  1. Perlambat kecepatan laju kendaraan saat melintasi genangan air. Hal tersebut demi mengurangi terjadinya selip pada ban dan tentu saja demi keselamatan pengendara. Jarak pandang yang pendek juga menjadi alasan kenapa harus memperlambat laju kendaraan.
  2. Hindari melewati genangan air. Sebisa mungkin hindari jalanan yang tergenang air. Karena jika melewati genangan air, biasanya akan mempengaruhi traksi dari ban kendaraan.
  3. Matikan Cruise Control. Cruise Control adalah teknologi baru dimana pengendara tidak perlu menginjak pedal gas untuk menjalankan mobil mereka. Cruise Control akan membantu menstabilkan laju kendaraan. Cruise Control saat ini hanya ada di kendaraan roda empat, walaupun belum semua mobil sudah menggunakan teknologi ini. Namun, demi menghindari Hydroplaning/Aquaplaning, sebaiknya Cruise Control dinon-aktifkan agar pengendara bisa lebih merasakan kondisi jalan.
  4. Cek tekanan angin pada ban. Saat musim hujan, sebaiknya ban kendaraan anda lebih mendapat perhatian lebih. Mulai lah dari tekanan angin. Pastikan tekanan angin pada ban dalam tekanan standar normal. Karena tekanan angin turut mempengaruhi traksi dari ban itu sendiri. Tekanan angin yang sesuai standar juga dapat mempengaruhi keawetan dari ban itu sendiri. Ban jadi tidak mudah aus dan tahan lama.
  5. Cek kondisi terkini ban kendaraan. Mengecek kondisi dari ban kendaraan sangat diharuskan. Ban merupakan salah satu bagian dari kendaraan yang mempengaruhi faktor terjadi Hydroplaning/Aquaplaning. Pastikan ban kendaraan anda tidak dalam keadaan aus atau melewati batas Tread Wear Indicator (TWI). Setiap ban motor maupun mobil pasti terdapat simbol TWI.

Tidak hanya kelima faktor itu saja, cerdas memilih ban kendaraan juga dibutuhkan. Saat melintasi jalanan yang kering maupun basah, pilihlah ban yang mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Maxxis tire merupakan pilihan cerdas untuk pengendara motor maupun mobil. Maxxis tire memiliki performa yang mumpuni di segala medan jalan. Ketahanan dari Maxxis tire juga sudah tidak perlu diragukan lagi.