Ban pada sebuah kendaraan memiliki peran yang sangat vital. Sebuah kendaraan tidak akan bisa bergerak maju dan mundur tanpa adanya bantuannya dari ban. Selain itu, ban juga memiliki fungsi sebagai penopang seluruh beban yang ada pada kendaraan dan juga sebagai komponen yang membantu meredam getaran saat kendaraan dijalankan.

Ban sendiri memiliki jenis yang beragam, seperti ban bias, ban radial, ban tube type (ban yang menggunakan ban dalam), ban tubeless. Lalu, apakah kita pernah mendengar apa itu ban cacing? Berikut penjelasannya.

Ban cacing sebenarnya masuk ke dalam jenis ban yang dimodifikasi. Ban jenis ini memiliki ukuran yang lebih kecil yakni rata-rata 50/90 dan 60/80. Walaupun sebenarnya masing-masing brand dari sebuah ban memiliki ukuran ban cacing yang berbeda-beda. Tidak hanya itu, ban cacing juga memiliki bentuk yang lebih tipis dibandingkan dengan ban standar lain. Ban cacing sendiri ada yang berjenis tubeless dan juga tube type.  Saat ini, ban cacing biasanya banyak digunakan oleh kaum muda. Namun sayangnya, masih banyak yang salah kaprah tentang penggunaan ban cacing itu sendiri. Berikut penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari penggunaan ban cacing.

Kelebihan menggunakan ban cacing

Alasan kenapa masih banyak orang yang suka menggunakan ban cacing bahkan untuk perjalanan sehari-hari adalah karena ban cacing dipercaya membuat tarikan gas menjadi lebih enteng, motor menjadi lebih cepat dan gesit. Selain itu, ban cacing juga diyakini dapat membuat gear motor menjadi lebih awet. Ban cacing juga cocok digunakan pada kendaraan drag bike untuk kegiatan drag race.

Kekurangan menggunakan ban cacing

Setelah membahas kelebihan ban cacing, sekarang saatnya membahas kekurangan dari pengunaan ban cacing. Untuk penggunaan harian, ban cacing bukan lah pilihan yang tepat. Sangat tidak direkomendasikan untuk perjalanan harian menggunakan ban cacing. Bentuknya yang kecil dan tipis, justru malah akan menimbulkan bahaya untuk penggunanya karena ban akan lebih cepat aus. Menggunakan ban cacing untuk perjalanan harian sama saja memodifikasi ukuran ban menjadi lebih kecil dibandingkan dengan standarnya. Jika demikian, motor akan mudah tergelincir dan slip pun tidak terhindarkan. Apalagi jika menghantam lubang dan melewati jalanan yang basah karena diguyur hujan, sangat memungkinkan terjadinya kecelakaan yang membahayakan diri sendiri dan juga orang lain. Untuk itu, gunakanlah ban ukuran standar demi kenyamanan dan keamanan berkendara. Tidak lupa untuk rutin mengecek kesehatan ban agar ketahanan dari sebuah ban tetap prima dan tahan lama.