Asia Cross Country Rally 2019

Performa Indonesia Cross Country Rally (IXCR) Team kembali menuai pujian. Pasalnya, pembalap mobil IXCR Team kembali menunjukan performa terbaiknya di SS ketiga Asia Cross Country Rally (AXCR) 2019. Di kelas T1G, Memen Harianto yang berpasangan dengan Rimhalsyah  berhasil memperbaiki posisinya dengan bertengger di posisi keenam  pada SS ketiga AXCR 2019 (13/8).

Raihan positif yang didapat oleh Memen Harianto dan Rimhalsyah di SS ketiga menjadi angin segar untuk IXCR Team. Dengan demikian, tim dari Indonesia terbukti masih terus menjaga asa hingga garis finish AXCR 2019. Biarpun secara jarak tempuh track di SS ketiga ini lebih pendek dibandingkan dengan track pada saat SS kedua. Namun perlu diketahui, tantangan yang di dapat pada SS ketiga justru semakin berat.

Pada SS ketiga, obstacle yang harus dilalui oleh para pembalap berupa bebatuan, akar hingga sungai. Tidak hanya itu, banyaknya persimpangan jalan pada track membuat Co-Driver wajib membaca road book secara teliti. Karena ketelitian Co-Driver menjadi kunci penting dalam melibas medan di SS ketiga AXCR 2019. Bersyukurnya selama SS ketiga, cuaca cukup bersahabat walaupun jalanan masih licin akhibat diguyur hujan dihari sebelumnya.

“Alhamdulillah berhasil memperbaiki waktu setelah mobil diperbaiki oleh tim mekanik sampai pagi hari. Lintasan memang lebih pendek tetapi cukup menyulitkan dalam membaca navigasi, dukungan seluruh tim dan tentunya berkat arahan Rimhalsyah sebagai Co-Driver. Kesalahan kecil memang ada tetapi kami tetap berhasil menyelesaikan SS ketiga ini dengan cukup baik.” Ungkap Memen Harianto pembalap mobil IXCR Team.

Sedangkan pembalap mobil IXCR Team lainnya yakni Wijaya Kusuma berdampingan dengan Lody Natasha mengalami kesulitan di SS ketiga ini. Selepas melewati garis start, mobil Jimny JB33 yang ditunggangi keduanya mengalami kendala pada fuel pump. Namun, dengan kegigihan yang dimiliki akhirnya wakil Indonesia tersebut bisa menyelesaikan SS ketiga ini.

Kesulitan lain juga dialami pembalap  motor IXCR team yakni Fathir Muchtar. Di tengah perjalanan, Fathir Muchtar harus berhenti sejenak untuk memperbaiki roda motornya.  Hal tersebut mengakhibatkan Fathir harus finish di urutan 20 turun enam peringkat dari posisi sebelumnya. Sedangkan Rudy Poa berada diposisi 19. Disisi lain ada kabar buruk menimpa wakil Indonesia di AXCR 2019. Mufti pembalap motor asal Bogor yang juga mewakili Indonesia di AXCR 2019 harus menggugurkan harapannya. Pembalap asal Bogor tersebut terjatuh dan harus menerima kenyataan tidak bisa melanjutkan AXCR 2019 hingga selesai. Mufti harus dilarikan ke Rumah sakit karena patahnya Collar Bone.

Untuk SS keempat, para peserta AXCR 2019 akan menyeberang ke Negara Myanmar dan melanjutkan pertarungan hingga garis finish.