Berolahraga untuk menjaga kebugaran tubuh memang merupakan salah satu kegiatan positif. Apalagi seperti sekarang ini, menjaga imunitas dan kekebalan tubuh di tengah tingginya tingkat penularan virus Corona sangatlah penting. Tapi jangan lupa, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah sudah memberikan imbauan keras kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk tetap mengurangi aktifitas di luar rumah dan mematuhi protokol kesehatan guna mempercepat program pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Indonesia yang hingga saat ini  tingkat penularannya masih tinggi.

Namun sayang sungguh sayang, masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak mengindahkan imbauan keras Pemerintah untuk mematuhi protokol kesehatan. Beberapa pelanggaran yang umum terjadi yakni seperti tidak menjaga jarak (social distancing) dan tidak menggunakan masker saat keluar rumah. Berbicara mengenai protokol kesehatan di Indonesia, bagaimana tipsnya untuk para penggemar sepeda yang ingin tetap bersepeda di tengah pandemi? Berikut penjelasannya.

  1. Menggunakan masker

Memang akan terasa berat saat bernapas menggunakan masker, apalagi saat bersepeda yang mengharuskan seseorang mengeluarkan tenaga lebih maka akan mengurangi udara masuk ke paru-paru. Namun penggunaan masker di masa pandemi merupakan hal wajib sekalipun saat tengah bersepeda ataupun berolahraga. Hal itu dilakukan agar virus tidak mudah masuk ke dalam indera pernapasan.

  1. Intensitas bersepeda jangan berlebihan

Berniat untuk tetap menjaga kebugaran dengan cara bersepeda memang tidak dilarang bahkan sebenarnya termasuk dalam kegiatan positif. Namun kembali lagi melihat situasi dan kondisi Indonesia yang tengah berjuang memutus mata rantai Corona, alangkah disarankan untuk tidak bersepeda secara berlebihan. Apalagi bersepeda saat pandemi Corona wajib menggunakan masker yang dimana pernapasan manusia tidak seleluasa saat tidak menggunakan masker. Dengan demikian, mengurangi intensitas bersepeda memang menjadi pilihan yang tepat.

  1. Memakai helm

Mematuhi peraturan lalu lintas di jalan merupakan kewajiban semua masyarakat. Hal itu demi menjaga ketertiban para pengguna jalan dan tentunya mengurangi resiko terjadi kecelakaan lalu lintas. Untuk itu, menggunakan helm sangat diharuskan demi mencegah adanya benturan ringan maupun keras yang dapat melukai bagian kepala.

  1. Menjaga jarak dengan pesepeda lain

Social distancing tidak hanya berlaku untuk pejalan kaki atau kerumunan orang yang berkumpul di satu ruangan, tetapi juga berlaku untuk para pesepeda. Jika ingin bersepeda di luar, sebaiknya para pesepeda tetap menjaga social distancing dengan pesepeda lain guna menghindari penularan virus Corona.

  1. Membawa handsanitizer

Mencuci tangan di masa pandemi adalah sebuah keharusan. Namun jika kondisinya tidak memungkinkan untuk cuci tangan maka masyarakat diharapkan untuk membawa handsanitizer sendirin agar lebih aman.

  1. Membawa air minum sendiri

Haus saat berolahraga memang tidak terpungkiri. Untuk itu, sebaiknya membawa botol air minum sendiri agar lebih bersih dan menghindari kerumunan saat berhenti di warung atau minimarket untuk membeli air mineral.

  1. Melintasi jalanan yang sepi dan tidak berkerumun

Menghindari keramaian saat bersepeda sangat disarankan. Hal itu demi menjaga jarak dan menghindari kontak dekat dengan pesepeda sekitar maupun pengguna jalan lainnya.

  1. Menghindari mampir

Saat bersepeda sebaiknya tidak singgah atau mampir ke suatu tempat apalagi tempat yang banyak didatangi orang. Untuk itu makanya diwajibkan untuk menyiapkan perbekalan seperti ai minum, bekal makanan ringan dan membawa handsanitizer sendiri di rumah.

  1. Menentukan waktu yang tepat untuk bersepeda

Hindari bersepeda di saat banyak orang ramai bersepeda di jalan. Selain itu, bersepeda tidak terlalu malam dan tidak terlalu siang juga wajib dipertimbangkan agar udara dingin di malam hari dan cuaca terik di siang hari tidak mendatangkan penyakit bagi tubuh kita saat bersepeda.

  1. Jaga kebersihan sepeda

Kebersihan adalah sebagian daripada iman. Saat tubuh kita bersih maka kita akan terhindar dari penyakit. Begitupun dengan sepeda, saat sepeda bersih dan kita rutin merawatnya maka kuman, virus dan penyakitpun enggan singgah di sepeda kita.