Wabah Virus Corona atau Covid-19 di Indonesia masih menjadi hal yang menakutkan. Sebagian pemerintah daerah di Indonesia telah mengimbau warganya untuk tetap berada di rumah dan mengurangi aktifitas di luar rumah. Tidak hanya itu saja, sebagian perusahaan di Jakarta dan daerah-daerah lain juga sudah mulai memberlakukan aturan agar karyawan bekerja di rumah saja (Work From Home). Lalu bagaimana dengan masyarakat yang berprofesi sebagai rider ojek pangkalan maupun rider ojek online? Sebagian besar dari rider ojek online maupun ojek pangkalan masih melakukan pekerjaan mereka sehari-hari. Sebenarnya sah-sah saja karena melihat pemerintah pusat sampai tanggal 19 Maret 2020 belum memberlakukan ‘lock down’ untuk seluruh warga negara Indonesia maupun warga negara asing yang bermukim di Indonesia. Jika demikian, hal-hal apa saja yang harus diperhatikan oleh pengendara ojek ataupun seseorang yang masih beraktifitas di luar rumah menggunakan sepeda motor agar meminimalisir  penularan virus Corona? Berikut tips sederhana yang bisa dilakukan.

  • Rajin mencuci tangan dengan sabun. Disaat genting seperti sekarang ini, pengendara motor harus lebih menanamkan rasa kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan tubuh. Salah satu langkah pentingnya yaitu mencuci tangan secara ruitn menggunakan sabun. Namun lebih ringkasnya, pengendara motor bisa siap sedia hand senitizer untuk membersihkan tangan mereka selama beraktifitas di luar rumah.
  • Menggunakan Masker. Selalu menggunakan masker di saat maraknya virus Corona sangat disarankan. Karena keadaan udara yang berpolusi dan maraknya virus seperti ini sangat mudah sekali menular melalui saluran pernafasan maupun mulut. Terlebih dengan memakai masker kita juga menghormati dan menjaga orang lain agar tidak turut tertular oleh penyakit.
  • Membersihkan Helm. Menjaga kebersihan helm sangat menjadi keharusan. Karena kebersihan merupakan salah satu faktor penunjang agar seseorang bisa hidup sehat terhindar dari penyakit. Bagi pengendara ojek online yang selalu berganti-ganti penumpang, alangkah sangat disarankan untuk rajin membersihkan helm penumpangnya. Karena berganti-ganti penumpang bukan tidak mungkin akan ada virus atau penyakit yang datang. Mengapa demikian? Kesehatan dan daya tahan tubuh penumpang yang diangkut kemungkinan besar tidak diketahui oleh pengendara ojek itu sendiri. Tidak sampai di situ, pengendara ojek online juga harus rajin menjaga kebersihan helmnya sendiri.
  • Membersihkan motor dan peralatan safety riding yang rutin digunakan. Pengendara motor wajib aktif membersihkan kuda besi mereka sendiri. Selain itu, jika selalu menggunakan peralatan safety riding seperti sarung tangan, buff, jaket, pelindung tangan dan kaki juga sebaiknya rajin dicuci bersih. Selain itu, hindari penggunaaan yang bergantian dengan orang lain, agar tidak tertular virus ataupun penyakit.
  • Jaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Menjaga kesehatan tubuh dan daya tahan tubuh menjadi sebuah keharusan. Tidak hanya ketika ada virus menakutkan seperti sekarang ini, setiap hari pun kita wajib menjaga kesehatan tubuh kita. Mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna wajib diberlakukan untuk tubuh kita sendiri. Jika sistem imun di tubuh kita kuat maka kekebalan tubuh pun terjaga. Virus dan penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh kita.