Tidak semua orang mengetahui apa itu blind spot. Diambil dari berbagai sumber, pengertian blind spot adalah area tidak terlihat atau titik buta. Maksud blind spot dalam konteks berkendara ialah area yang tidak terlihat oleh pengendara mobil atau motor. Blind spot merupakan salah satu faktor dominan penyebab terjadinya kecelakaan. Saat ini masih banyak pengendara yang belum memahami bagaimana cara mengatasi blind spot.

Menurut beberapa ahli, blind spot tidak bisa dihilangkan namun dapat diminimalisir. Penyebab terjadinya blind spot bisa dari beberapa faktor. Diantaranya yakni konstruksi kendaraan. Semakin besar ukuran kendaraan semakin besar pula blind spotnya. Untuk jenisnya sendiri, kendaraan jenis truck adalah yang paling banyak blind spotnya. Tidak hanya itu, faktor keadaan lingkungan sekitar yang dilalui juga dapat menjadi faktor terjadinya blind spot. Contohnya seperti persimpangan, tikungan, area padat bangunan, area berbukit, area berdebu dan kendaraan yang melakukan parkir sembarangan di jalan.

Demi mengurangi terjadi blind spot, berikut langkah yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara roda dua, roda empat maupun lebih.

  1. Usahakan kaca spion sejajar. Pengaturan posisi spion sangatlah penting. Aturlah posisi spion kendaraan agar sejajar dengan badan kendaraan anda.
  2. Gunakan Spion bawaan pabrik. Spion bawaan pabrik pasti sudahlah didesain sebaik mungkin dan sudah teruji. Pabrik pasti telah memikirkan matang-matang bentukan dari spion yang akan digunakan oleh konsumen. Karena kehadiran spion dalam kendaraan sangat penting untuk membantu menghindari kecelakaan pengemudi.
  3. Gunakan lampu sein, melihat spion dan pastikan area di depan terlihat. Jika ingin belok dan mendahului kendaraan di depan kita, sebaiknya menyalakan lampu sein serta melihat spion kanan dan kiri untuk memastikan posisi kita aman tidak membahayakan diri sendiri maupun kendaraan sekitar.
  4. Tidak memaksakan diri untuk menyalip kendaraan di depan. Sifat terburu-buru dalam berkendara sangat tidak disarankan. Apalagi sampai memaksakan diri untuk mendahului kendaraan di depan. Kecuali bagi kendaraan seperti mobil ambulans, mobil pemadam kebakaran atau mobil pemimpin negara yang memang diperkenankan mendapat jalur khusus.

Namun seiring perkembangan zaman, teknologi saat ini semakin maju dan berkembang. Teknologi untuk mendeteksi blind spot sudah bisa kita jumpai di beberapa jenis mobil, khususnya mobil kelas premium. Tapi penting diketahui, semaju apapun teknologi akan terasa sia-sia jika pengemudinya tidak taat terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku. Apalagi hingga tidak menghormati hak pengguna jalan lain. Tanamkan rasa kepedulian terhadap keselamatan diri dan orang lain, karena itu semua merupakan kewajiban setiap manusia.