Tidak melulu menunggu ban sampai aus baru mengganti ban lama dengan ban baru. Jika kita lalai terhadap kondisi ban kendaraan, justru akan berdampak buruk pada kenyamanan dan keselamatan diri kita sendiri bahkan orang lain. Saat ini masih banyak pengendara sepeda motor tidak mengetahui bagaimana cara melihat kondisi alur/pattern pada ban yang sudah aus atau melewati batas normal penggunaan. Padahal produsen ban telah menyematkan simbol Tread Wear Indicator (TWI) berbentuk segitiga pada dinding ban. TWI adalah simbol untuk mengetahui apakah ban pada motor masih layak digunkan atau tidak. Bagaimana cara membaca TWI pada ban motor?

Perhatikan dengan jelas dinding pada ban motor. Nanti akan kita temukan enam tanda segitiga disekeliling dinding ban. Jika sudah menemukan tanda segitiga atau TWI, lihatlah TWI secara seksama. Jika simbol TWI telah sejajar dengan tapak, maka segeralah mengganti ban anda dengan yang baru. Tidak hanya di dinding ban saja, TWI juga bisa kita temukan di bagian lengkungan alur. Jika tapak telah sejajar dengan TWI yang berada dilekukan alur, itu juga sebagai acuan bahwa ban harus segera diganti.

Lalu berapa standar minimal ketinggian TWI? Menurut Staff R&D Structure PT Maxxis International Indonesia, Muh Ronal, batas minimal TWI yakni 0,8 mm sampai 1 mm. Jika telah di bawah batas minimal normal tersebut, sebaiknya tidak usah menunggu lama untuk mengganti ban kendaraan. “Disarankan untuk pengendara motor tidak memaksakan diri menggunakan ban yang telah menyentuh batas TWI. Karena keselamatan dan kenyamann berkendara haruslah diutamakan” tandas Ronal.

Ban motor yang telah tipis atau aus akan terasa licin dan tidak lengket lagi. Performa yang berikan sebuah ban juga sudah tidak bisa kita rasakan. Apalagi jika melintasi area yang basah dan tergenang air. Grip yang harusnya membuat nyaman pengendara tidak lagi dirasakan, karena alur pada ban sudah menipis.

Jika kita menginginkan ban dengan performa apik saat melintasi area yang basah dan kering, ban Maxxis menjadi pilihan tepat untuk menemani kegiatan sehari-hari. Memiliki pilihan pattern yang bervariasi dengan performa yang menjanjikan, ban Maxxis sangat cocok digunakan di Indonesia. Ban Maxxis sendiri tersedia untuk segala jenis kendaraan, mulai dari motor metik, motor pedal (moped) maupun motor sport. Pengendara hanya tinggal menyesuaikan ukuran ban dengan jenis kendaraan masing-masing.