Touring merupakan kegiatan yang menyenangkan bagi sebagaian besar biker. Terlebih bila kegiatan touring dilakukan bersama sebuah komunitas, rasa solidaritas dan kebersamaan akan semakin terasa. Sebelum melakukan kegiatan touring, biasanya rute perjalanan sudah direncakan sebelum pemberangkatan.

Source Photo (instagram.com/indinjuanda)

Segala bentuk persiapan pun harus dipersiapkan secara matang, salah satunya adalah peralatan wajib selama perjalanan touring. Berikut beberapa peralatan wajib yang harus dipersiapkan secara matang.

  1. Jaket

Jaket merupakan pelindung badan yang wajib digunakan selama berkendara. Terlebih bila menempuh jarak jauh dengan durasi waktu yang terbilang lama. Jaket yang digunakan saat touring pun bukan jaket biasa, namun jaket khusus berbahan tebal yang dapat melindungi tubuh dari suhu panas, dingin dan angin. Tidak hanya itu, jaket khusus touring juga lebih kuat dalam memproteksi badan kita bila terjadi kecelakaan.

  1. Jas Hujan

Cuaca alam yang tidak bisa ditebak, mengharuskan seorang biker sigap dalam mengantisipasi sebuah keadaan. Salah satunya adalah bila diperjalanan turun hujan. Salah satu tindakan utama yang diambil saaat hujan diperjalanan adalah berhenti di tempat yang aman dan segera menggunakan jas hujan bila ingin terus melanjutkan perjalanan.

  1. Helm

Helm adalah salah satu perlengkapan penting dalam berkendara motor. Tidak hanya jarak jauh, bahkan jarak dekat pun sebaiknya menggunakan helm. Helm yang merupakan alat proteksi kepala sangat lah vital. Kepala merupakan bagian penting yang wajib memiliki ekstra proteksi.

  1. Tool Kits dan Flat Tire Repair Kit

Bila terjadi kerusakan minor pada motor secara mendadak, tool kits sangatlah dibutuhkan. Terlebih jika kita berada jauh dari bengkel motor wilayah setempat. Sedangkan  Flat tire repair kit merupakan perangkat yang digunakan ketika terjadi kebocoran pada ban motor. Ketika posisi kita jauh dari bengkel motor, kita mampu mengatasinya sendiri.

  1. Pakaian Ganti dan Alas Kaki yang Nyaman

Karena touring identik dengan perjalanan jauh dan memakan waktu yang cukup lama, setiap biker disarankan agar menyiapkan pakaian ganti serta alas kaki yang nyaman. Untuk alas kaki, biker disarankan untuk menggunakan alas kaki khusus yakni yang berbahan kuat guna mampu menahan segala medan perjalanan. Tidak hanya kuat namun harus tetap nyaman saat digunakan.

  1. Obat-Obatan dan P3K

Bukan hanya alat proteksi saja yang dibutuhkan saat touring. Ketersediaan obat-obatan dan P3K juga harus diperhatikan. Kondisi tubuh manusia  tidak selalu fit apalagi saat menempuh perjalanan jauh dengan medan dan cuaca yang tidak terduga. Untuk itu, para biker yang melakukan touring sebaiknya membawa obat-obatan terlebih bagi biker yang memiliki riwayat penyakit serius.

  1. Kondisi Fisik

Sebelum melakukan touring sangat diharuskan untuk para biker mempersiapkan kondisi fisik yang prima. Kondisi fisik yang prima sangat dibutuhkan karena berpengaruh terhadap kelangsungan kegiatan touring. Untuk itu istirahat yang cukup dan mengkonsumsi vitamin sangat disarankan.

  1. Kondisi Motor

Untuk melakukan kegiatan touring, kondisi motor haruslah diperhatikan. Seluruh organ pada motor wajib dipastikan dalam keadaan baik dan layak untuk menempuh perjalanan jauh.  Untuk itu pergilah ke bengkel resmi ataupun bengkel terdekat guna mengecek kondisi motor. Tak hanya itu, surat-surat penting seperti SIM dan STNK juga wajib dipersiapkan.

  1. Uang

Tidak dapat dipungkiri, uang adalah salah satu hal penting untuk dibawa saaat perjalanan touring. Tidak hanya saat touring saja, dimanapun kita berpergian, uang wajiblah dibawa dan harus dipersiapkan nominalnya.

  1. Telepon Genggam

Semakin majunya perkembangan zaman dan teknologi membuat telepon genggam atau handphone menjadi sebuah kebutuhan primer. Manusia zaman sekarang hampir sulit dipisahkan dari telepon genggam. Dengan telepon genggam, segala kemudahan dalam berkomunikasi kini dapat dirasakan setiap penggunanya.

Photo by (Maxxis Sunmori)

Demikian dilansir dari berbagai sumber.