Mungkin hingga saat ini masih banyak yang belum paham mengenai pentingnya merotasi ban mobil. Sebagian besar orang berfikiran merotasi ban mobil terbilang ribet, apalagi untuk pemilik mobil yang jarang sekali pergi ke bengkel untuk melakukan perawatan kendaraan kesayangannya tersebut. Lalu apa manfaatnya merotasi ban mobil? Berikut penjelasannya.

Merotasi keempat ban pada mobil bertujuan agar tingkat keausan pada ban merata. Jadi keausan pada ban tidak terjadi hanya di salah satu bagian ban saja. Jika ban yang aus hanya salah satu saja maka mau tidak mau kita harus segera mengganti ban tersebut denga yang baru. Namun lain halnya jika kita merotasi ban, keausan akan merata pada keempat ban tersebut. Tidak hanya itu, kita pun dapat meminimalisir pengeluaran untuk mengganti ban.

Mengapa Ban yang sudah aus harus segera diganti? Ban yang aus atau telah melewati batas Tread Wear Indicator (TWI) disarankan agar tidak usah digunakan lagi. Ban yang telah aus tidak akan memberikan kenyamanan saat berkendara justru malah akan membahayakan sang pengendara itu sendiri. Ban akan terasa licin, traksi dan performanya pun berkurang jauh. Bukan tidak mungkin, memaksakan menggunakan ban yang sudah aus justru malah berakibat fatal seperti kecelakaan.

Lalu bagaimana cara merotasi ban mobil yang dimaksud? Karena merotasi ban mobil tidak bisa dilakukan sembarangan, perhatikan penjelasan berikut ini. Lakukan rotasi dengan cara menyilang. Ban depan sebelah kiri akan dirotasi dengan ban belakang sebelah kanan, dan ban depan sebelah kanan akan dirotasi dengan ban belakang sebelah kiri. Merotasi ban seperti itu adalah cara rotasi yang paling sering dilakukan dan disarankan.

Selanjutnya, kapan sebaiknya ban dirotasi? Menurut para ahli, alangkah baiknya ban dirotasi setiap 8000 – 10.000 kilometer sejak awal pemasangan atau bisa juga saat melakukan spooring dan balancing di bengkel. Dengan informasi ini, semoga para pemilik mobil maupun pengendara mobil lebih peduli dengan perawatan kendaraan masing-masing. Karena merawat mobil sama saja peduli dengan keselamatan diri sendiri dan orang lain tentunya.