Hampir setiap orang masih percaya kalau benda berbahan besi itu kuat dan tahan lama. Namun tahukah? Ternyata benda berbahan karet berikut ini lebih kuat dibandingkan dengan yang berbahan besi. Benda yang dimaksudkan adalah pentil ban tubeless. Pentil ban tubeless berbahan karet dipercaya lebih kuat dan tahan lama dibandingkan pentil ban tubeless berbahan besi. Berikut penjelasannya.

Pentil ban tubeless berbahan besi akan mudah berkarat jika sering terkena air hujan, apalagi terkena air hujan yang tercampur dengan pasir. Awalnya, pentil akan mengalami korosi namun jika sering terkena air hujan maka akan berubah menjadi berkarat. Dengan seperti itu maka pentil akan rapuh. Beda halnya dengan pentil ban tubeless berbahan karet. Walaupun berbahan dasar karet namun, ketahanannya tidak bisa diremehkan. Lihat saja pada ban mobil, pentil ban tubeless berbahan karet pada ban mobil mampu menjaga tekanan angin dengan baik. Padahal mobil memiliki bobot yang sangat berat. Jika di pasang pada ban mobil tubeless saja kuat apalagi di ban motor tubeless, pasti tidak diragukan lagi ketahanannya. Lalu selanjutnya, apakah pentil ban tubeless bawaan pabrik dapat kita jumpai di setiap dealer resmi? Jawabnya adalah tidak semua dealer resmi menjual pentil ban tubelessnya secara terpisah.

Pentil ban tubbeless bawaan pabrik memang dipercaya lebih kuat dibanding dengan yang after market, namun bukan berarti pentil ban tubeless after market itu tidak kuat. Semua tergantung bagaimana kita memilih jenis pentil tersebut. Saat ini, beragam jenis pentil ban tubeless telah tersedia di pasaran. Beberapa diantaranya yakni yang berbentuk seperti huruf “I” dan seperti huruf “L”. Di pasaran, ternyata yang berbentuk huruf “L” lebih banyak digunakan oleh konsumen yang menggunakan velg berukuran kecil. Hal itu disebabkan, pentil berbentuk melengkung tersebut memudahkan dalam pengisian angin. Diambil dari berbagai sumber.