Saat musim hujan tiba, para pemotor biasanya telah mempersiapkan jas hujan di dalam jok kendaraan masing-masing. Namun selain jas hujan, hal penting lain yang dibutuhkan adalah konsentrasi yang tinggi saat berkendara. Khususnya bagi para pemotor yang menggunakan kacamata.

Ilustration by oto.detik

Sebagaimana kita ketahui, ketika suhu udara menurun, kacamata akan berembun dan membuat jarak pandang pengelihatan jadi lebih pendek atau kurang jelas. Hal tersebut yang membuat para pemotor berkacamata wajib berhati-hati dan membutuhkan fokus yang tinggi saat berkendara di jalan. Tidak hanya itu saja, visibilitas yang rendah dan jalanan yang licin menjadi rawan kecelakaan. Kecelakaan lalu lintas saat jalanan diguyur hujan dinilai cukup tinggi. Penyebabnya adalah karena pengendara sepeda motor lalai mengendarai kuda besi mereka saat jalanan licin dan kurang mengontrol kecepatan dari sepeda motor mereka masing-masing.

Berikut tips aman bagi pemotor berkacamata saat berkendara di waktu hujan:

  1. Gunakan helm dengan kaca visor (helm full face lebih disarankan). Menggunakan helm berkaca visor memang tidak sepenuhnya membuat pemotor berkacamata terhindar dari embun yang menyelimuti kacamata, namun hal ini menjadi saran pertama.
  2. Hindari penggunaan masker saat hujan. Pemotor sebaiknya tidak menggunakan masker saat berkendara di waktu hujan. Udara yang keluar dari hidung akan menciptakan embun pada kacamata maupun kaca helm. Hal tersebut karena lembab dan rendahnya tekanan udara.
  3. Gunakan cairan anti fog/cairan anti embun.
  4. Menyediakan kain kering atau tisu untuk mengelap kaca yang berembun.
  5. Memperhatikan keadaan jalanan yang dilalui saat hujan. Jalanan yang tergenang air terkadang sulit ditebak. Genangan air yang menutupi jalanan membuat jalanan yang rusak dan berlubang jadi tidak terlihat.

Keempat tips di atas akan terasa sia-sia apabila pemotor tidak mentaati peraturan lalu lintas. Saat ini masih banyak pemotor yang kurang menghargai hak-hak pengguna jalan yang lain, karena masih sering bertindak egois di jalan. Untuk itu tanamkan kepedulian tidak hanya untuk diri sendiri tapi untuk orang lain.