Macet merupakan hal lumrah yang hampir setiap hari kita temukan. Tidak hanya di kota-kota besar saja, di setiap daerah pun sudah mulai padat dengan kendaraan roda dua maupun roda empat. Pemerintah harusnya menanggapi serius masalah kemacetan di negeri ini. Untuk menghadapi kemacetan di jalan yang hampir tidak bisa terhindarkan, berikut tips mudah hadapi kemacetan tanpa setres. 

  • Lakukan Metode Tapping

Mungkin sebagian dari kita belum ada yang mengetahui apa itu metode tapping. Metode ini merupakan sebuah terapi yang menggunakan dua buah jari atau lebih yang dapat menyembuhkan. Di Amerika, tapping dikenal sebagai teknik pembebasan Emosi. Berikut gerakan tapping yang bisa kita lakukan.

  1. Berilah ketukan ringan dengan kedua jari pada bagian sekitar mata dan di bawah pupil.
  2. Lanjutkan ketukan di bagian antara hidung dan bibir
  3. Lalu lanjutkan ketukan ke bagian dagu
  4. Bila sudah, lanjutkan ke tulang di bawah selangka
  5. Bila masih terasa, bisa diteruskan ke bagian ketiak
  6. Dan terakhir, lakukan ketukan di bagian tengah kepala.
  • Metode Tekanan Lidah

Ketika setres melanda, bagian kening akan mengerut dan bahu terasa tegang. Untuk memberikan efek rileks, kita bisa mengatasinya dengan menekankan lidah dibelakang kedua gigi depan atas selama beberapa detik. Hal itu itu dilakukan karena syaraf di atas rahang sangat mempengaruhi bagian tubuh lainnya, membuatnya lebih tenang dan tidak tegang.

  • Tetap Menjaga Emosi Agar Tetap Tenang dan Tanamkan Rasa Bersyukur

Pentingnya menjaga emosi selama berkendara sangat disarankan.  Karena dengan sebuah ketenangan, anda akan terhindar dari hal-hal negatif seperti kecelakaan. Bila anda tidak mampu menahan emosi, bukan hanya diri sendiri yang dirugikan namun orang lain pun ikut merasakan kerugian. Dan terakhir, pentingnya menanamkan rasa bersyukur dalam diri. Rasa bersyukur akan memberikan ketenangan dalam diri kita. Tidak Hanya itu, dengan perbanyak bersyukur, psikologis dalam diri pun akan terjaga dan terhindar dari setres.

 

Diambil dari berbagai sumber.